Jumat, 16 Desember 2011

Babel Harapkan DPR Dorong Pembangunan Bandara Internasional

Babel Harapkan DPR Dorong Pembangunan Bandara Internasional
Jumat, 2 Desember 2011

(Berita Daerah-Sumatra), Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel), mengharapkan DPR RI mendorong pemerintah pusat membangun bandara internasional di Belitung yang merupakan salah satu destinasi wisata internasional setelah Bali dan Lombok.

"Kami mengharapkan Komisi X DPR RI meyakinkan pemerintah pusat untuk membangun bandara internasional sekaligus membuka rute penerbangan Garuda dari Jakarta tujuan Tanjungpandan Kabupaten Belitung," ujar Sekda Provinsi Bangka Belitung, Imam Mardi Nugroho, dihadapan anggota Komisi X DPR RI dan stakeholder kepariwisataan Babel, di Hotel Santika Pangkalpinang, Kamis malam.

Tim kunjungan kerja (Kunker) Komisi X DPR RI dalam rangka peninjauan destinasi pariwisata Provinsi Babel pada Kamis (1/12) hingga Sabtu (3/12) dengan ketua tim Utut Adianto (Wakil Ketua Komisi X dari Fraksi PDI Perjuangan dan anggotanya Prof.DR.H. Mahyuddin NS,SP,OG (Ketua Komisi X DPR RI), Muslim, SH, Dra.Hj. Oelfah A. Harmanto, Itet Trijajati Sumarijanto, H.Raihan Iskandar, LC, H.Nasrullah, S.Ip, Drs.H. Mahmud Yunus.

Sekda mengatakan, untuk mewujudkan kepariwisataan Babel menjadi destinasi berkelas dunia masih diperlukan banyak fasilitas seperti peningkatan aksesibilitas dengan mengembangkan Bandara H.as Hanandjoeddin Tanjung Pandan yang sudah ada sekarang ini menjadi bandara internasional yang bisa didarati pesawat berbadan lebar.

Secara berkala sudah ada maskapai penerbangan swasta juga sudah membuka rute penerbangan ke Belitung untuk mendukung program pariwisata, namun diharapkan intensitas penerbangan dari Jakarta tujuan Belitung semakin meningkat jika Garuda juga terbang ke Belitung.

"Adanya alokasi dana pusat untuk mempercepat pembangunan bandara berskala internasional tersebut tentu akan meningkatkan kualitas destinasi wisata dan peningkatan sumber daya manusia industri pariwisata serta peningkatan infrastruktur seperti energi dan air bersih," ujarnya.

Ia mengatakan, pada 2009 mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik telah menandatangani Peraturan Nomor PM.33/UM.001/MKP/2009 tentang Penetapan Destinasi Pariwisata Unggulan, termasuk di dalamnya Provinsi Babel.

"Sebagai tindaklanjut peraturan tersebut dan sesuai RPJMD Tahun 2007 - 2012 Pemprov Babel membuat dan melaksanakan program sektor kepariwisataan ` Visit Babel Archipelago 2010` dan `Sail Wakatobi Belitong 2011`," ujarnya.

Menurut dia, kedua ivent tersebut telah memberikan dampak positif terhadap kemajuan kepariwisataan, investasi bidang perhotelan, rumah makan, tempat hiburan, perbaikan dan penambahan sarana transportasi darat, laut dan udara serta membangkitkan aktivitas kepariwisataan di tiap kabupaten/kota.

"Wisatawan mulai berdatangan baik wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara sehingga kemajuan pembangunan pariwisata semakin meningkat," ujarnya.

(jh/JH/bd-ant)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah yang seharus nya dilakukan oleh Anggota DPR RI untuk mensejahterkan Rakyat?

Leave a Reply

Leave a Reply

ALQUR'AN